P

ernahkah Anda melihat ekskavator di jalan raya sedang berkendara menuju tempat konstruksi?

Jawabannya tentu tidak, lalu bagaimana peralatan berat tersebut dikirim?

Mengirimkan alat berat bisa terlihat sebagai tugas yang sangat besar bagi mereka yang belum berpengalaman di dunia pengiriman.

Mesin-mesin ini tidak dapat dibongkar menjadi komponen yang lebih kecil, dimuat ke palet standar, atau dikirim dalam kontainer standar. 

Banyak variabel yang terlibat dalam pengiriman barang apa pun, sehingga bisa menjadi membingungkan. 

Oleh karena itu, Anda membutuhkan spesialis yang memahami kiriman Anda dan cara mengatasinya untuk hasil terbaik.

Apa saja jenis-jenis alat berat dan fungsinya, dan bagaimana cara kirimnya? Selengkapnya akan dibahas pada artikel ini.

Jenis-Jenis Alat Berat

Alat berat umumnya memiliki tugas berat yang digunakan dalam industri konstruksi, kehutanan, pertanian dan pertambangan. Beberapa diantaranya adalah:

EKSKAVATOR

yellow excavator on gray concrete road during daytime

Ekskavator (hidrolik) adalah peralatan konstruksi berat yang terdiri dari boom, dipper atau stick, bucket, dan kabin di atas platform berputar yang disebut "house". House ditempatkan di atas undercarriage dengan trek atau roda. Ekskavator adalah perkembangan alami dari steam shovel dan sering disebut sebagai power shovel.

Semua gerakan dan fungsi ekskavator hidrolik dilakukan melalui penggunaan cairan hidrolik, silinder hidrolik, dan motor hidrolik. Karena aksi linier dari silinder hidrolik, cara kerjanya secara fundamental berbeda dari ekskavator yang menggunakan kabel dan tali baja untuk melakukan gerakan.

Ekskavator juga disebut sebagai penggali, mesin penggali mekanis, atau ekskavator 360 derajat. Kadang-kadang disingkat hanya menjadi "360". Ekskavator berjalan menggunakan trek kadang-kadang disebut "trackhoes" dengan analogi ke backhoe.

Ekskavator digunakan dalam banyak cara:

  • Menggali parit, lubang, pondasi
  • Penanganan material
  • Pekerjaan kehutanan
  • Konstruksi
  • Pembongkaran dengan alat klamp hidrolik, pemotong, dan pemecah
  • Penggalian/landscaping umum
  • Pertambangan, terutama, namun tidak hanya pertambangan terbuka
  • Pengerukan sungai
  • dsb

LOADERS

a small construction vehicle parked on the side of the road

Loader adalah mesin peralatan berat yang digunakan dalam konstruksi untuk memindahkan atau memuat bahan seperti aspal, puing-puing bangunan, tanah, salju, pakan, kerikil, kayu bulat, mineral mentah, bahan daur ulang, batu, pasir, serbuk kayu, dan lain sebagainya ke mesin lain seperti truk tangki, sabuk pengangkut, tempat pakan, atau gerbong kereta api.

Terdapat banyak jenis loader, yang, tergantung pada desain dan aplikasinya, memiliki berbagai nama, antara lain:

  • Bucket Loader
  • Front Loader
  • Front-end Loader
  • Payloader
  • Scoop
  • Shovel
  • Skip Loader
  • Wheel Loader
  • Skid-steer
  • Tractor Front Loader
  • Compact Front End Loader
  • Swing Loader

PAVING MACHINES

Free photo aerial view of orange vibratory asphalt roller compactor on a new pavement

Paving machine, atau sering juga disebut dengan paver finisher, asphalt finisher, adalah alat konstruksi yang digunakan untuk memasang aspal pada jalan, jembatan, area parkir, dan tempat lainnya. Alat ini meratakan aspal dan memberikan pemadatan kecil sebelum akhirnya dipadatkan menggunakan roller.

Asphalt paver dikembangkan oleh Barber Greene Co., yang awalnya memproduksi sistem penanganan material. Pada tahun 1929, Chicago Testing Laboratory meminta mereka untuk menggunakan pemuat material mereka untuk membangun jalan aspal.

Jalan tol besar sering kali diperkerjakan dengan menggunakan beton, dan hal ini dilakukan dengan menggunakan slipform paver. Truk-truk membongkar beton siap pakai di depan mesin ini, kemudian slipform paver menyebarkan beton dan meratakan permukaannya menggunakan screed.

Read: Cara Pengiriman Alat Tambang yang Efektif dan Efisien

BACKHOES

Backhoe (juga disebut sebagai rear actor atau back actor) adalah jenis peralatan penggali, terdiri dari ember penggali di ujung lengan yang terdiri dari dua bagian. Biasanya dipasang di bagian belakang traktor atau front loader, yang terakhir membentuk "backhoe loader".

Bagian lengan yang terdekat dengan kendaraan disebut sebagai boom, sementara bagian yang membawa ember disebut sebagai dipper atau dipper-stick, kedua istilah ini berasal dari steam shovel. Boom biasanya terpasang pada kendaraan melalui engsel yang disebut king-post, yang memungkinkan lengan berputar ke kiri dan kanan, biasanya dengan total 180 hingga 200 derajat.

BULLDOZER

Alat Berat Bulldozer: Jenis, Fungsi, dan Bagian-Bagiannya

Biasanya, bulldozer adalah peralatan berat beroda rantai yang besar dan kuat. Rantai memberikan kemampuan cengkeraman dan mobilitas yang sangat baik melalui medan yang sangat kasar. Rantai yang lebar membantu mendistribusikan berat bulldozer di area yang luas (mengurangi tekanan tanah), sehingga mencegah tenggelam di tanah berpasir atau berlumpur. Rantai yang sangat lebar dikenal sebagai rantai rawa atau rantai LGP (tekanan tanah rendah).

Bulldozer memiliki sistem transmisi yang dirancang untuk memanfaatkan sistem rantai dan memberikan gaya traksi yang sangat baik. Berkat atribut ini, bulldozer sering digunakan dalam:

  • Pembangunan Jalan
  • Konstruksi
  • Pertambangan
  • Kehutanan
  • Pembersihan Lahan
  • Pengembangan Infrastruktur
  • dan proyek-proyek lain yang membutuhkan peralatan penggali tanah yang sangat mobiler, kuat, dan stabil.

Jenis bulldozer lainnya adalah bulldozer beroda, yang umumnya memiliki empat roda yang didukung oleh sistem penggerak 4 roda dan memiliki sistem kemudi hidrolik dan artikulasi.

DUMP TRUK

Off Highway Dump Truck Archives - United Tractors

Dump truk, juga dikenal sebagai truk pengangkut atau truk pengguling, digunakan untuk membawa material seperti pasir, kerikil, atau limbah konstruksi. Dump truk biasanya dilengkapi dengan bak terbuka yang bisa diangkat menggunakan sistem hidrolik, sehingga material di dalamnya bisa ditumpahkan di tempat tujuan.

TOWER CRANE

Free photo crane and building construction site

Sebuah crane adalah jenis mesin yang umumnya dilengkapi dengan tali angkat, tali kawat atau rantai, dan roda katrol, yang dapat digunakan untuk mengangkat dan menurunkan material serta memindahkannya secara horizontal.

Mesin ini utamanya digunakan untuk mengangkat benda berat dan mengangkutnya ke tempat lain.

Perangkat ini menggunakan satu atau lebih mesin sederhana untuk menciptakan keuntungan mekanis dan dengan demikian menggerakkan beban di luar kemampuan manusia secara normal.

Crane umumnya digunakan di industri transportasi untuk bongkar muat barang, di industri konstruksi untuk pemindahan material, dan di industri manufaktur untuk perakitan peralatan berat.

Tower crane adalah bentuk modern dari crane seimbang yang terdiri dari bagian dasar yang sama. Dikaitkan dengan lantai beton dan terkadang dipasang di sisi struktur, tower crane sering memberikan kombinasi terbaik antara ketinggian dan kapasitas angkat dan digunakan dalam pembangunan gedung tinggi.

Bagian dasar kemudian terhubung ke tiang yang memberikan ketinggian pada crane. Selanjutnya, tiang terhubung ke unit putar (roda gigi dan motor) yang memungkinkan crane untuk berputar. Di atas unit putar, terdapat tiga bagian utama yaitu: jib horizontal panjang (lengan kerja), kontra-jib yang lebih pendek, dan kabin operator.

Read: Daftar Persiapan untuk Pengiriman Cargo Peralatan Konstruksi

Tantangan Mengirimkan Alat Berat

Mengangkut peralatan berat yang overweight dan berukuran besar memiliki tantangan tersendiri. Bagian ini akan mengulas tantangan utama yang dihadapi manajer logistik.

Keamanan

Perhatian harus diberikan dalam mengamankan peralatan tersebut. Bukan hanya demi keselamatan pengemudi yang mengangkut beban berat, tetapi juga demi keselamatan orang lain di jalan. Memuat dan membongkar alat berat dengan aman juga merupakan tantangan tersendiri. Tenaga kerja yang terlibat dalam pemuan harus memiliki kualifikasi dan pengalaman dalam bidang pengiriman khusus ini.

Peraturan dan Regulasi

Transportasi alat berat merupakan area transportasi yang sangat diatur. Manajer logistik dan pengemudi harus mengetahui peraturan yang berlaku.

Tidak mengetahui persyaratan peraturan yang berbeda terkait ukuran dan berat dapat berakibat mahal.

Perencanaan logistik

Manajer logistik harus mempertimbangkan keselamatan dan peraturan saat merencanakan rute untuk beban berat. Mungkin ada batasan mengenai cara peralatan dikunci pada trailer atau kapan kendaraan dapat berada di jalan.

Perusahaan juga harus memiliki kendaraan yang tepat. Truck bak terbuka mungkin cocok dalam kebanyakan situasi, tetapi jangan terkejut jika membutuhkan lowboy berat tiga sumbu.

Anda akan membutuhkan orang yang berpengetahuan untuk memuat dan membongkar dengan aman. Keahlian pengemudi dalam mengangkut beban berat juga harus diperhatikan ketika mempertimbangkan jam layanan pengemudi.

Pengemudi yang kurang berpengalaman akan segera menyadari bahwa beban berat mengubah pengendalian kendaraannya.

Tips Loading & Unload Alatan Berat dengan Aman

Memuat dan membongkar kargo bisa berbahaya. Hal ini terutama berlaku untuk peralatan berat.

Lakukan dan dokumentasikan penilaian risiko

Harus ada manajer senior atau supervisor yang terlibat dalam menentukan risiko dan tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi risiko tersebut. Anda juga harus mendokumentasikan rencana tersebut untuk mengatasi masalah kepatuhan secara preemptif.

Latih karyawan Anda

Mengirimkan traktor tidak sama dengan memindahkan palet. Peralatan tersebut kemungkinan memiliki bentuk yang tidak praktis selain dari berat dan ukurannya. Angkutan peralatan berat juga mahal. Bisnis Anda tidak ingin mengambil risiko terhadap peralatan mahal saat karyawan Anda menanganinya.

Dokumentasikan proses Anda dan pastikan semua karyawan terlatih sepenuhnya dalam praktik terbaik untuk memuat dan membongkar. Pastikan mereka juga memiliki akses ke semua peralatan pelindung diri (PPE) yang diperlukan.

Lakukan pemeriksaan pra-perjalanan kendaraan

Peralatan berat menempatkan tekanan yang besar pada aset kendaraan. Sebelum loading, pastikan truk atau trailer siap untuk tugas tersebut. Buat prosedur pemeriksaan kendaraan yang disesuaikan untuk memeriksa ban, lampu, rem, dan titik pengikatan. Anda juga harus mengonfirmasi batas beban berat.

Bersihkan area muat/bongkar

Memiliki area ram dan trailer yang bersih dan bebas dari hambatan akan memudahkan memuat peralatan berat dengan aman. Hapus es, salju, atau air dari ram dan tempat tidur trailer untuk memastikan pergerakan yang lancar. Hindari memuat dan membongkar selama jam sibuk atau ketika dermaga sangat padat untuk mencegah hambatan.

Pastikan peralatan terkunci dengan benar

Pabrikan sering memberikan instruksi dan pedoman rekayasa untuk mengamankan dan menstabilkan peralatan selama perjalanan. Saat mengikat peralatan berat:

Gunakan rantai tahan lama yang cukup kencang untuk mencegah pergerakan atau pergeseran, memastikan peralatan tetap aman selama perjalanan.

Temukan titik pengikatan yang tepat. Menggunakan titik yang sesuai mencegah kerusakan peralatan dan membantu memastikan keamanan.

Selaraskan kelas pengikat rantai dan pengikat kait sesuai dengan batas beban kerja Anda.

Imobilisasi roda peralatan menggunakan pengunci, pengganjal, atau alas.

Tips Mengirimkan Alat Berat dengan Aman

Mengirimkan peralatan berat memerlukan perhatian ekstra. Berikut adalah praktik terbaik yang dapat membantu Anda memprioritaskan keamanan.

Membaca manual book

Manual peralatan berat biasanya merekomendasikan prosedur transportasi. Manual tersebut sering membantu mengidentifikasi bagian peralatan yang rentan dan memberikan saran untuk mengurangi atau menghilangkan kerusakan.

Mengetahui rute

Merencanakan rute sebelumnya membantu mengoptimalkan faktor-faktor yang dapat memengaruhi keamanan pengemudi dan peralatan. Menghindari kemacetan, konstruksi, atau mengemudi dalam cuaca buruk akan mempermudah transportasi. Mengantisipasi rute juga membantu Anda mengetahui izin apa yang diperlukan selama perjalanan. Buat pengaturan sebelumnya untuk menghindari jangka waktu pengemudi yang lama atau perjalanan tanpa muatan.

Berkendara dengan bijaksana

Pengemudi angkutan barang berat tahu bahwa ini adalah muatan yang lebih menantang untuk diangkut. Ketika melakukan pengereman, berbelok, berpindah jalur, atau mengemudi menanjak atau menurun, kendaraan dengan muatan lebih berat akan merasakan gaya dengan cara yang berbeda dari truk atau trailer lainnya.

Menjaga jarak aman, mengemudi tanpa gangguan, dan mengikuti batas kecepatan yang ditentukan selalu merupakan pilihan yang baik. Namun, praktik berkendara yang bijaksana semakin penting ketika muatan lebih berat berada di jalan.

Miliki mitigasi risiko

Merencanakan sebelumnya tentang apa yang akan Anda lakukan jika terjadi sesuatu yang tidak terduga dapat membantu Anda bereaksi lebih efisien dan efektif. Misalnya, penggunaan bendera dan pengawal dapat membantu meningkatkan keamanan saat menghadapi kecelakaan di jalan.

Read: Daftar Dokumen untuk Pengiriman Barang Berat dan Kargo

Risiko saat Mengirimkan Alat Berat

Anda berisiko mendapatkan denda mahal jika tidak memenuhi regulasi spesifik untuk berat muatan, tinggi, atau panjang. Teliti aturan untuk setiap yurisdiksi di sepanjang rute Anda untuk secara proaktif mendokumentasikan dan memperoleh izin jika diperlukan.

Kondisi cuaca juga mempengaruhi keamanan di jalan. Truk pengangkut muatan berat sudah lebih rumit untuk dikendalikan. Ditambah hujan, salju, atau hujan es, diperlukan langkah pencegahan tambahan.

Kondisi jalan yang buruk juga dapat menjadi masalah. Lubang-lubang di jalan raya dapat menyebabkan peralatan menjadi longgar. Hal ini dapat membahayakan selama transit dan saat bongkar muat.

Kesimpulan

Mengirimkan mesin berat dapat menjadi proses yang mahal dan memakan waktu, tetapi penyelesaian yang berhasil dari pengiriman tersebut biasanya memberikan keuntungan besar setelah barang sampai. Pengiriman mesin berat merupakan salah satu tugas yang lebih rumit yang dilakukan oleh dunia pengiriman.

Jangan takut untuk mencari panduan atau bantuan dari para ahli pengiriman logistik seperti ABC Express. Para profesional industri ini dapat membantu Anda dalam usaha untuk mengirimkan mesin berat Anda dengan cara yang paling efisien dan hemat biaya.

Sentuhan bantuan yang membantu dapat menjadi kunci untuk memulai perjalanan Anda dalam mengirimkan beban berat, meski yang paling berat dan paling sulit.

Kami berharap panduan ini dapat memberikan dorongan dan memberi Anda awal yang baik dalam perjalanan Anda untuk memenuhi kebutuhan pengiriman mesin berat Anda sendiri. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang pengiriman mesin berat, silakan hubungi kami hari ini!

Pengiriman kargo alat berat dari ABC Express dapat membantu Anda menyederhanakan proses pengiriman ini.

Di ABC Express, kami bangga menjadi ahli pengiriman yang berat, besar, dan besar. Kami dengan senang hati membantu Anda menemukan cara untuk mengirimkan paket besar Anda dengan harga murah. Cukup hubungi kami disini!

Di posting pada 
Jun 9, 2023

Selanjutnya di 

Cara Kirim Barang Per Industri

Lihat semua

Join Our Newsletter and Get the Latest
Posts to Your Inbox

No spam ever. Read our Privacy Policy
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.