J

astip, singkatan dari jasa titip, adalah fenomena di mana individu atau bisnis membantu orang lain untuk mendapatkan barang atau produk dari luar negeri.

Ini bukan hanya sekadar belanja online, tetapi sebuah layanan yang memungkinkan pelanggan mendapatkan akses ke produk luar negeri yang mungkin sulit diakses atau tidak tersedia di dalam negeri.

Dalam konteks ini, menjalankan bisnis jastip online membuka peluang besar untuk memberikan layanan titipan kepada pelanggan di Indonesia, mengikuti tren konsumen yang semakin terbuka terhadap produk internasional

Namun, salah satu tantangan utama dalam pengiriman internasional adalah menghadapi kompleksitas bea cukai dan regulasi internasional. 

Satu kesalahan sederhana atau kurangnya pemahaman dapat mengakibatkan keterlambatan pengiriman, biaya tambahan, dan bahkan risiko penyitaan barang.

Kunci untuk mengatasi hambatan-hambatan ini terletak pada persiapan, pengetahuan, dan kerja sama dengan partner yang tepat. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi informasi penting tentang pembersihan bea cukai dan bagaimana Anda dapat menyederhanakan seluruh prosesnya.

Apa Itu Custom Clearance Bea Cukai Barang Kiriman?

Custom Clearance adalah proses resmi di mana pihak berwenang bea cukai melakukan pemeriksaan, persetujuan, dan pelepasan barang yang masuk (impor) atau keluar (ekspor) dari suatu negara.

Tindakan ini memastikan bahwa pengiriman mematuhi regulasi lokal, pembayaran bea dan pajak yang sesuai, serta pengajuan dokumen yang diperlukan dengan benar.

Custom Clearance bea cukai barang kiriman menjadi langkah penting dalam perdagangan internasional, karena menjaga kepentingan ekonomi, kesehatan, dan keamanan suatu negara sambil mempermudah arus barang melintasi batas.

Cara Menghadapi Custom Clearance Bea Cukai Barang Kiriman

Jika Anda ingin mengurangi risiko keterlambatan dan biaya tambahan di bea cukai, maka persiapkan diri dengan baik.

Berikut adalah beberapa pertimbangan untuk Anda yang akan melakukan pengiriman secara internasional.

Sumber: Unsplash

1. Memenuhi Dokumen Pengiriman Internasional yang dibutuhkan

Pengiriman internasional melibatkan banyak administrasi.

Ada beberapa dokumen pengiriman yang perlu Anda pahami - dan meskipun Anda mungkin tidak perlu mengisi semuanya, mengetahui tujuan masing-masing dapat memudahkan pengalaman pengiriman internasional Anda.

  1. Proforma invoice: Nota penjualan awal yang dikirimkan kepada pembeli sebelum pengiriman atau pengiriman, yang merinci barang dan biayanya.
  2. Commercial invoice: Dokumen resmi antara supplier dan pembeli yang merinci barang yang dijual, jumlahnya, dan harganya, sebagai catatan transaksi dan digunakan untuk penilaian bea cukai.
  3. Export packing list: Daftar rinci yang menentukan barang-barang dalam pengiriman, karakteristik fisiknya, dan rincian kemasannya.
  4. Certificates of origin: Dokumen resmi yang menjamin negara tempat barang diproduksi, yang digunakan untuk menentukan tarif dan kelayakan perdagangan.
  5. Certificate of free sale: Sebuah dokumen yang menunjukkan bahwa barang, khususnya di sektor makanan dan kesehatan, secara sah dijual dan digunakan di negara asal dan dapat diekspor.
  6. Shipper’s letter of instruction: Instruksi yang diberikan oleh pengirim kepada agen pengirim, merinci cara pengiriman harus dikelola, dikirimkan, dan diarahkan.
  7. Inland bill of lading: Kontrak antara pemilik barang dan pengirim untuk transportasi darat barang, sering digunakan saat mengangkut barang ke pelabuhan pengiriman utama.
  8. Ocean bill of lading: Kontrak antara pembeli dan penjual untuk pengiriman barang melintasi perairan internasional.
  9. Air waybill: Tanda terima yang dikeluarkan oleh maskapai penerbangan internasional untuk barang, sebagai bukti kontrak pengangkutan.
  10. Letter of credit: Dokumen yang dikeluarkan oleh bank yang menjamin pembayaran pembeli kepada penjual, memastikan penjual menerima pembayaran selama kondisi pengiriman yang ditentukan terpenuhi.

Baca juga: Mengenal Airway Bill (AWB) dalam Pengiriman Internasional

2. Memahami Peraturan Pengiriman Internasional

Perbedaan regulasi pengiriman pada tiap negara bisa sangat membingungkan. Segalanya mulai dari pembatasan produk dan perpajakan, hingga standar kemasan dan pelanggaran ketentuan bisa berubah sewaktu-waktu.

Itulah mengapa penting untuk tetap up-to-date dengan regulasi pengiriman internasional terkini, sehingga transaksi internasional Anda dapat berjalan sebaik mungkin.

FedEx sering mempublikasikan pembaruan mengenai perubahan besar yang perlu diketahui oleh umum saat melakukan pengiriman internasional. Anda juga bisa menggunakan tools regulasi impor/ekspor seperti yang disediakan oleh UPS. Dengan tools ini, Anda hanya perlu memilih negara asal, negara tujuan, dan opsi dokumentasi. Tools ini kemudian akan memberikan informasi rinci mengenai apa yang diperlukan untuk setiap dokumen berdasarkan regulasi negara tujuan.

3. Pengaruh Pajak dan Bea pada Pengiriman Anda

Internet sales taxes bukan hanya urusan lokal. Saat merambah ke pasar global, tanggung jawab pajak Anda juga ikut meluas.

Dikenakan oleh pemerintah negara penerima, biaya ini bisa berdasarkan nilai, jenis, dan asal kiriman. GST (Pajak Barang dan Jasa) dan pajak nilai tambah lainnya bukan hanya sebagai sumber pendapatan pemerintah, tetapi juga sebagai alat untuk mengendalikan aliran barang tertentu ke dalam suatu negara.

Beberapa negara memiliki pajak mewah, pajak dosa, atau bea masuk khusus lainnya. Bagi bisnis e-commerce, mengetahui bea dan implikasi pajak ini sebelumnya dapat mengurangi risiko biaya tak terduga saat kiriman mencapai bea cukai negara tujuan.

Jika biaya yang sesuai tidak dibayar sebelumnya, pengiriman bisa mengalami penundaan. Ini dapat menimbulkan hambatan bagi pedagang maupun pelanggan mereka.

Langkah-langkah Proses Custom Clearance Bea Cukai Barang Kiriman

Baik Anda seorang pengusaha e-commerce pemula atau eksportir berpengalaman, memahami empat langkah proses custom clearance bea cukai adalah suatu keharusan jika Anda perlu pastikan agar perdagangan internasional berjalan lancar.

Sumber: Freepik

1. Label pengiriman, faktur, dan dokumen lainnya diperiksa oleh bea cukai

Setiap pengiriman internasional memerlukan dokumen khusus untuk memverifikasi isi, asal, dan tujuan pengiriman. Dokumen ini melibatkan label pengiriman, faktur, daftar kemasan, dan lainnya.

Tips:

  • Pastikan dokumen lengkap dan akurat untuk menghindari keterlambatan.
  • Jelaskan dengan jelas dan transparan deskripsi produk dan nilainya.
  • Pastikan memberikan informasi kontak yang akurat baik untuk pengirim maupun penerima.

2. Pajak dan bea ditentukan, diminta, dan dibayar

Pajak dan bea memiliki peran melindungi industri dalam negeri dan menghasilkan pendapatan untuk pemerintah. 

Bea merupakan tarif yang berbeda-beda tergantung jenis produk, serta nilai dan asalnya. Beberapa barang bahkan terbebas dari pembayaran bea masuk berkat Bagian 321.

Selain itu, berbagai biaya (seperti biaya pemrosesan atau pemeriksaan) mencakup biaya prosedur bea cukai dan memastikan produk impor memenuhi standar lokal.

Tips:

  • Kenali regulasi pajak dan bea untuk produk tertentu Anda di negara tujuan.
  • Gunakan pengiriman DDP (Delivered Duty Paid) jika memungkinkan untuk menyederhanakan proses bagi penerima.
  • Tetap terupdate tentang tren dan kebijakan pengiriman global yang dapat memengaruhi tarif pajak dan bea.

Baca juga: Cara Kirim Spare Part Kendaraan ke Luar Negeri

3. Paket atau paket-paket telah diurus

Setelah pajak dan bea terbayar, dan semua dokumen diverifikasi, paket tersebut diurus oleh bea cukai. Ini berarti paket tersebut bebas untuk melanjutkan perjalanannya ke tujuan akhir.

Kemudian, paket diserahkan kepada layanan pos lokal atau negara tujuan. Sekarang ini adalah bagian terakhir dari perjalanan, siap untuk diserahkan kepada penerima.

Tantangan dalam Melewati Custom Clearance Bea Cukai Barang Kiriman

Meskipun pedagang telah berusaha sebaik mungkin, hambatan bea cukai pasti akan muncul suatu saat. Beberapa yang umum termasuk:

  1. Kesalahan dokumentasi: Kesalahan kecil dapat menyebabkan keterlambatan besar.
  2. Pembatasan produk: Beberapa produk mungkin terbatas atau memerlukan izin khusus.
  3. Lonjakan volume: Liburan atau acara tertentu dapat menyebabkan penumpukan di bea cukai.

Bagi bisnis, terutama yang lebih kecil tanpa tim logistik khusus, tantangan-tantangan ini dapat sangat membebani. Bermitra dengan penyedia logistik pihak ketiga (3PL) dapat membantu mengatasi masalah ini, membantu bisnis tetap compliance, mengurangi keterlambatan pengiriman, dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan mereka.

Bagaimana Jika Pengiriman Tertahan di Bea Cukai?

Sumber: Unsplash

Jika pengiriman Anda terkendala di bea cukai, tidak perlu panik.

Alasan umum untuk keterlambatan seperti itu melibatkan ketidaksesuaian dalam dokumen, barang yang dilarang atau terbatas, atau bahkan pemeriksaan acak rutin. 

Selalu perhatikan pemberitahuan atau komunikasi dari agen bea cukai untuk memahami akar penyebab penundaan.

Tangani masalah yang di highlight dengan cepat, baik itu dengan memperbaiki dokumen, menyelesaikan bea yang masih tertunggak, atau mempertimbangkan konsultasi dengan broker bea cukai untuk panduan ahli. 

Pendekatan proaktif dan persiapan dapat membantu meminimalkan kendala seperti ini di masa depan.

Baca juga: Daftar Dokumen untuk Pengiriman Barang Berat dan Kargo

ABC Express Cargo dapat Mempermudah Proses Custom Clearance Bea Cukai Barang Kiriman 

Melalui proses pembersihan bea cukai bisa menakutkan. 

Bayangkan Anda melakukan pesanan besar pertama, mengirimkannya secara internasional, membayar beberapa biaya – dan begitu sampai di bea cukai, Anda diberitahu ada kesalahan dokumen dan pengiriman Anda akan ditunda.

Itulah mengapa memanfaatkan layanan pengiriman internasional seperti ABC Express Cargo akan sangat membantu bisnis Anda.

ABC Express Cargo menyederhanakan proses bea cukai dan menangani semua dokumen untuk Anda, memastikan bahwa dokumen Anda akurat dan sesuai. 

Mulai dari mengklasifikasikan produk dengan kode Sistem Harmonized (HS) yang tepat hingga mengantarkan kiriman hingga ke pintu tujuan Anda, ABC Express Cargo ada setiap langkahnya, memastikan proses bea cukai yang lancar untuk pengiriman Anda.

Pengetahuan ABC Express Cargo tentang regulasi dan praktik terbaik pemenuhan internasional, yang dikombinasikan dengan jaringan global yang luas, berarti barang-barang Anda dikirimkan secara optimal untuk proses yang efisien.

Di posting pada 
Nov 30, 2023

Selanjutnya di 

Ekspor Impor

Lihat semua

Join Our Newsletter and Get the Latest
Posts to Your Inbox

No spam ever. Read our Privacy Policy
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.