P

engiriman barang domestik memiliki tantangan tersendiri yang dapat mengancam keberhasilan supply chain suatu bisnis. 

Asuransi pengiriman menjadi perisai yang krusial untuk melindungi barang selama perjalanan.

Asuransi pengiriman adalah langkah preventif yang memberikan perlindungan terhadap risiko kerusakan, kehilangan, atau pencurian barang selama proses pengiriman. 

Dalam konteks logistik, asuransi berperan sebagai penyeimbang, mengurangi dampak finansial dan menjaga keandalan rantai pasok.

Logistic manager dan para pemilik bisnis perlu memahami betapa vitalnya asuransi dalam menjaga kelancaran operasional. 

Perlindungan terhadap risiko yang mungkin terjadi selama pengiriman tidak hanya menghindarkan kerugian finansial, tetapi juga memastikan kepercayaan pelanggan.

Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai pentingnya asuransi pada pengiriman domestik. 

Dari manfaat hingga proses klaim, kita akan menguraikan setiap aspek yang perlu dipahami oleh Logistic Manager dan pemilik bisnis di Indonesia

Jadi, mari kita teruskan perjalanan pembahasan untuk memahami lebih lanjut mengenai bagaimana asuransi pengiriman dapat menjadi pilar utama kesuksesan dalam logistik domestik.

Apa Itu Asuransi Pengiriman Domestik?

Dalam konteks pengiriman domestik, asuransi pengiriman adalah perjanjian kontrak antara pemilik barang atau pihak yang memiliki kepentingan dengan perusahaan asuransi. 

Tujuan utamanya adalah memberikan perlindungan finansial terhadap risiko kerusakan, kehilangan, atau pencurian barang selama proses pengiriman dari satu lokasi ke lokasi lain di dalam negeri.

Secara umum, asuransi akan memberikan proteksi terhadap:

Perlindungan Terhadap Kerusakan

Source: Unsplash

Asuransi pengiriman memberikan jaminan perlindungan terhadap kerusakan yang dapat terjadi pada barang selama perjalanan. 

Ini mencakup berbagai risiko seperti benturan, goncangan, atau kerusakan lainnya yang dapat merugikan nilai barang.

Perlindungan Terhadap Kehilangan

Asuransi juga melibatkan perlindungan terhadap kehilangan barang yang mungkin terjadi selama pengiriman. 

Baik itu kehilangan akibat kelalaian atau faktor eksternal, asuransi dapat memberikan penggantian finansial.

Perlindungan Terhadap Pencurian

Source: Freightwaves

Risiko pencurian selama pengiriman dapat menjadi kenyataan yang harus dihadapi. 

Asuransi pengiriman menyediakan perlindungan terhadap kerugian akibat pencurian, menjaga keamanan barang yang dikirim.

Nilai Barang yang Dijamin

Dalam polis asuransi, nilai barang yang diasuransikan ditetapkan. 

Jika terjadi kerusakan atau kehilangan, perusahaan asuransi akan membayar ganti rugi sesuai dengan nilai yang diasuransikan.

Studi Kasus: Asuransi Pengiriman Es Krim

Sebuah perusahaan pengangkutan barang global menghadapi situasi sulit selama pengangkutan es krim dari Swiss ke Dubai melalui pengiriman udara. 

Karakteristik produk yang rentan membuatnya memerlukan penanganan khusus dan lingkungan suhu yang terkontrol.

Dalam mengangkut 95 kotak es krim senilai USD 97,000 dengan penerbangan 7 jam, klien mempercayakan kepada maskapai penerbangan untuk menjaga suhu yang dibutuhkan di area kargo. 

Sayangnya, karena kesalahpahaman oleh staf maskapai, kotak pendingin tidak dihubungkan. 

Akibatnya, es krim mencair selama penerbangan dan semakin rusak saat terkena panas Dubai setelah mendarat.

Source: Freepik

Peran Asuransi

Mengakui risiko potensial dalam mengangkut barang mudah rusak, klien telah bijak menginvestasikan dalam asuransi pengiriman. Keputusan ini terbukti krusial ketika dihadapkan pada dampak keuangan yang signifikan akibat kerusakan pengiriman es krim.

Asuransi pengiriman menutupi biaya-biaya berikut:

  • Biaya Pengiriman: USD 1900
  • Biaya Barang yang Rusak: USD 97,000
  • Biaya Penyimpanan: USD 1000
  • Biaya Kemasan: USD 10,000
  • Biaya Pembuangan: USD 600
  • Total Penggantian: USD 110,500 (HKD 861,118)

Oleh karena itu, asuransi kargo melindungi bisnis dari kerugian finansial akibat kerusakan barang. Asuransi akan membayar sebagian besar biaya yang terkait dengan kejadian buruk pada pengangkutan. 

Premi yang dibayarkan memberikan ketenangan bagi perusahaan logistik ketika barang keluar dari gudang dan tidak berada dalam kendalinya. 

Asuransi membantu perusahaan logistik mengembalikan biaya ke merek es krim dan tetap dapat melanjutkan bisnisnya di masa depan. 

Bencana seperti ini dapat terjadi kapan saja dan risiko kargo tidak dapat dihindari.

Baca juga: Cara Kerja Supply Chain Management Bagi Perusahaan

Barang yang Dapat Diasuransikan dalam Pengiriman Domestik

Penting untuk mengidentifikasi jenis barang yang dapat diasuransikan dalam pengiriman domestik guna memahami mengapa beberapa barang memerlukan asuransi lebih dari yang lain. 

Pemilihan barang yang benar-benar membutuhkan perlindungan asuransi adalah langkah strategis dalam manajemen risiko dan menjaga kelancaran rantai pasok.

1. Barang Bernilai Tinggi

Barang dengan nilai tinggi seperti perhiasan, perangkat elektronik mahal, atau produk-produk mewah seringkali menjadi prioritas untuk diasuransikan. 

Asuransi memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial yang signifikan jika terjadi kerusakan atau kehilangan.

2. Barang Mudah Pecah

Barang yang mudah rusak atau pecah, seperti barang kaca, keramik, atau barang pecah belah lainnya, memerlukan asuransi untuk melindungi dari risiko kerusakan selama pengiriman.

Baca juga: 5 Cara Aman Packing Barang Pecah Belah atau Fragile

3. Barang Mudah Hilang

Produk-produk kecil atau bernilai tinggi yang mudah hilang, seperti perangkat elektronik kecil atau perhiasan, dapat memerlukan asuransi tambahan untuk melindungi dari risiko pencurian atau kehilangan.

4. Barang dengan Sifat Perishable

Barang yang mudah rusak atau memiliki masa kedaluwarsa, seperti produk makanan segar atau produk farmasi, sering memerlukan asuransi untuk melindungi nilai barang selama pengiriman.

Mengapa Beberapa Barang Memerlukan Asuransi Lebih dari yang Lain?

1. Nilai Tinggi: Barang dengan nilai tinggi cenderung memerlukan asuransi lebih karena risiko kerugian finansial yang lebih besar.

2. Sifat Risiko: Barang yang memiliki risiko tinggi, seperti mudah pecah atau mudah hilang, memerlukan asuransi untuk mengatasi risiko khusus tersebut.

3. Sifat Perishable: Barang yang mudah rusak atau memiliki batas waktu kedaluwarsa memerlukan perlindungan khusus untuk memastikan keamanan dan integritas selama pengiriman.

Memahami jenis barang yang memerlukan asuransi membantu perusahaan logistik dan pemilik bisnis dalam membuat keputusan yang tepat untuk melindungi investasi mereka dan menjaga kualitas barang selama perjalanan pengiriman.

Proses Klaim Asuransi Pengiriman Domestik

Source: Freepik

Proses klaim asuransi pengiriman domestik memerlukan pemahaman mendalam tentang langkah-langkah yang harus diambil. 

Berikut adalah tahapan umum dalam proses klaim asuransi:

1. Pemberitahuan Klaim

Setelah mengalami kerugian atau kerusakan barang, pemberi asuransi harus segera diberitahu. Pemberitahuan klaim harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditentukan dalam polis.

2. Dokumentasi Kerugian

Pemegang polis perlu menyediakan dokumentasi yang mendukung klaim, seperti bukti kerusakan, bukti kepemilikan barang, dan catatan pengiriman. Dokumentasi yang lengkap mempercepat proses evaluasi klaim.

Baca juga: 8 Perusahaan Logistik di Jakarta Terpercaya 2023

3. Penilaian Klaim

Pihak asuransi akan melakukan penilaian terhadap kerugian atau kerusakan yang dilaporkan. Hal ini melibatkan pemeriksaan dokumen, verifikasi kejadian, dan evaluasi nilai kerugian.

4. Persetujuan Klaim

Jika klaim dianggap valid, asuransi akan memberikan persetujuan untuk melanjutkan proses. Pada titik ini, jumlah ganti rugi yang akan diberikan juga dapat ditentukan.

5. Pembayaran Klaim

Setelah persetujuan, pembayaran klaim akan dilakukan oleh perusahaan asuransi. Pemegang polis akan menerima ganti rugi sesuai dengan nilai yang telah disetujui.

Penting untuk memahami bahwa proses klaim dapat bervariasi tergantung pada perusahaan asuransi dan jenis klaim. 

Keterlibatan aktif dalam proses ini membantu memastikan bahwa klaim diselesaikan dengan efisien dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kesimpulan

ABC Express, sebagai layanan logistik domestik terpercaya, mengandalkan asuransi pengiriman untuk melindungi dari risiko kerusakan, kehilangan, dan pencurian barang. Artikel ini membahas manfaat asuransi, termasuk studi kasus penyelamatan pengiriman es krim, serta mengidentifikasi barang yang memerlukan perlindungan khusus.

Pemahaman mendalam terhadap proses klaim asuransi pengiriman domestik menjadi kunci untuk penyelesaian yang efisien. ABC Express berkomitmen untuk terus memberikan layanan logistik yang terpercaya dengan perlindungan menyeluruh, menjaga kelancaran rantai pasok dan kepercayaan pelanggan di logistik domestik.

Di posting pada 
Feb 9, 2024

Selanjutnya di 

Pengiriman Barang (Shipping 101)

Lihat semua

Join Our Newsletter and Get the Latest
Posts to Your Inbox

No spam ever. Read our Privacy Policy
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.